TAHAPAN DALAM MEMBANGUN BRANDING IMAGE

Posted by Amar  |  at  22.46



 Post : By . Sofyan Amarta


Sebagaimana yang kita ketahui bahwa tujuan marketing  public relations adalah meyakinkan konsumen akan merek suatu produk yang sedang dipasarkan dan membina hubungan baik dengan konsumen melalui program komunikasi pemasaran. Sedangkan Kotler dan Keller menyatakan bahwa Marketing public relations dapat berkontribusi terhadap berbagai tujuan pemasaran, yaitu
1.            Meningkatkan kesadaran
2.            Membangun kredibilitas
3.            Menstimulasi tenaga penjual dan saluran perantara
4.            Dapat mengurangi biaya promosi

Merujuk kenyataan ini, Philip Kotler yang pertama kali memunculkan konsep mega marketing yang merupakan perpaduan antara kekuatan public relations dan marketing. Philip Kotler menampilkan gagasan megamarketing dengan memasukan tambahan dua unsur “P” lagi pada keempat yang konvensional. Yang pertama adalah Power yang menyandang potensi push strategi dan public relations yang menyandang potensi pull strategi.
Berdasar pada landasan teori tersebut, maka Tahapan dalam kampanye branding perusahaan pertamax tersebut, kita  dapat melakukan dengan menggunakan langkah strategi berikut ini:
a.Strategi Push 
lanjut.......!

Merupakan upaya untuk merangsang (mendorong) pembelian sekaligus dapat memberikan nilai – nilai (added value) atau kepuasan bagi pelanggan (satisfied custemer) yang telah menggunakan produk perusahaan. Strategi ini dapat kita dorong, dengan menampilkan iklan pada media. Baik media cetak maupun elektronik, penyuluhan dank kampanye kepada masyarakat.

b.Strategi Pull 
Strategi menarik, bahwa Public relations merupakan potensi untuk menyandang suatu taktik menarik perhatian dengan berbagai cara  guna mencapainya tujuan perusahaan serta menigkatkan penjualan baik berupa jasa atau barang. Philip Kotler mengatakan strategi menarik “Pull” dalam bentuk iklan dan promosi yang dijalankan. Hal ini juga dapat diterapkan pada perusahaan kita.

c. Strategi Pass 
Strategi mempengaruhi, sebagai upaya untuk menciptakan image publik yang ditimbulkan melalui berbagai kegiatan (breakthrough the gate-keepers), dan partisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan (berhubungan dengan komunitas) atau tanggung jawab sosial, serta kepedulian terhadap masalah – masalah yang berkaitan dengan kondisi sosial.

Bahwa dalam marketing public relations harus menjalankan beberapa dari bagian dari masing – masing strategi tersebut, karena “Pull” (menarik) dan “Puss” (mendorong) tidak akan mencapi hasil yang maksimal tanpa adanya persuasi dari “Pass” (mempengaruhi). Karena marketing public relations harus berkoporasi dengan public relations dalam ketiga strategi tersebut, ketika masalah kebijakan dipertaruhkan. (semoga bermanfaat).
           

Tagged as:
About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

back to top